Kawali Taman Surawisesa

Ibukota Kerajaan Galuh terakhir adalah di Kawali, atau sering disebut Galuh Kawali.

Maharaja Niskala Wastukancana putra Maharaja Lingga Buwana yang gugur di Bubat(Majapahit) merupakan Ratu yang lama bertahta di Kawali. Setelah beliau ngahyang dan dipusarakan di Nusalarang(pulau ditengah Situ(danau) Lengkong), beliau digantikan oleh putranya yaitu Prabu Dewaniskala.

Prabu Dewaniskala Bertahta 7 tahun dan kemudian digantikan oleh putranya Prabu Jayadewata.

Di era Prabu Jayadewata, Surawisesa nama lain ibukota Kerajaan Galuh di Kawali dipindah dan digabungkan dengan Pakuan Pajajaran ibukota Kerajaan Sunda. Pemindahan ini berlangsung 3 (tiga) bulan dan peristiwa ini menjadi momentum bersatunya kembali Sunda Galuh atau Pajajaran tahun 1482 M.. Sejak penggabungan 2 (dua) ibukota ini Kawali diserahkan kepada Ningratwangi. 

Prabu Jayadewata di Pajajaran (Sunda Galuh) bertahta 39 tahun (1482 - 1521) M dengan Gelar penobatannya Sri Baduga Maharaja Ratu Haji ri Pakuan Pajajaran, Prabu Guru Dewata Prana. Masyarakat Pajajaran mengenal Prabu Jaya Dewata dengan Prabu Siliwangi yang dipusarakan di Bukit Badigul(lokasi sekarang di tengah lapangan golf komplek perumahan Real Estate Rancamaya Bogor)..

Cag...!!!
=======
Penulis : DR. Dedy Syeh, Sejarawan Alumnus UI

Baca Juga :

Tidak ada komentar