NKSL Berziarah ke Makam Sunan Parung di Situ Sangiang, Desa Sangiang Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka


NKSL (Nonoman Keraton Sumedang Larang) Musium Sumedang sepulang dari menghadiri acara ngumbah Pusaka (6 Nopember 2017), lalu berziarah ke Makam Sunan Parung di Situ Sangiang, Desa Sangiang Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka.

Sebenarnya makam Sunan Parung di Situ Sangiang adalah makam pengalihan dari lokasi makam aslinya yang berada di Desa Campaga Kecamatan Talaga, infonya yang saya dapatkan infonya dari sahabat di  FB yang masih keluarganya Musium Talagamanggung Majalengka dan dijelaskan pada blog "Padepokan Talaga Manggung" dalam bahasa Sunda, yaitu :

"Pada tahun 1917 diadakan rundingan oleh Para Ulama Talaga mengenai kemusyrikan-kemusyrikan yang dilakukan oleh para peziarah di Situ Sangiang, maka diputuskeun di Sangiang mesti ada makam keturunan Kerajaan Talaga Manggung, agar ritual penyembahan ke situ bisa hilang, maka pilihan diputuskan bahwa kuburan Batara Sokawayana yang berlokasi di Desa Champaga Kecamatan Talaga dialihkan makamnya ke Situ Sangiang. Sidang pertemuan dipimpin oleh para Kiyai Terbuka keturunan Sayed Ibrahim Cipager," Kata Rd. Sastradilaga - Ulama Talaga.

Tahun 1922 jasad Prabu Parunggangsa alias Batara Sokawayana alias Sunan Parung yang masih utuh, akibat pengaruh ajian ilmu Batara Karang yang dipunyai, dan jasadnya dialihkan dari Champaga ke Sangiang. Rd. Djayadipradja menjadi saksi wakil keturunan Ratu Laubarangsari, dan mertuanya Rd. Sastradilaga jadi saksi wakil keturunan Pangeran Natadilaga / Sunan Maro, dan banyak  saksi lainya yang waktu itu disaksikan juga oleh 20 orang termasuk   Rd. Acap Kartadilaga menantunya Rd. Natadiputra saksi wakil keturunan Pangeran Dipati Wiranata.

Di tahun 1921 di pinggir Situ Sangiang ada kuburan Islam ditemukan oleh tukang ngala Howe (Penjalin), ditengah-tengah kuburannya ditanami pohon Howe (Penjalin), pohon howenya tidak bisa dipotong dengan golok. Berdasarkan mimpi (wangsit) yang keterima oleh juru kuncinya makam di Sangiang Bapa Uho (1961), ketika mengantar  Esu Sutrisno bin Djoyowinangun (73 tahun) berjiarah ke Sangiang,  itu makam adalah tempat dikburkannya  jasad Raden Ranggamantri, beliau meninggal sesudah berusaha menyelam di situ Sangiang dengan pinggangnya diikat dengan tali yang panjangnya kira-kira seratus depa. 

Berdasarkan cerita Raden Djayadipradja (dongeng sepuh), Raden Ranggamantri ketika menyelam hanya bisa bergantungan satu tumbak dari pucuk pohon bambu bitung yang tumbuh di pekarangan Puri Ageng yang moksa. Sesudah naik  ke  darat beliau ngalemar (makan sirih) lalu bersuci dan  sidakep sinuku tunggal mengheningkan cipta rasa dan karsa menghadap ke situ, tidak lama kemudian kira-kira waktu tunggang gunung (antara pukul 16.00 - 17.00 sore hari), beliau meninggal dan dikuburkan di sana juga serta pohon howe yang melilit dipinggangnya yang dipake untuk menyelam, dan rupanya pohon howe tersebut sirungan (tumbuh) lagi. Ini howe dipakai oleh ahli Maenpo (silat) Ujungan, sebab sangat manjur untuk memukul musuh dan kalau howe kemasukan  roh karuhun katanya bisa berdiri. (Wallohu a’lam).



JEJAK SEJARAH KERAJAAN TALAGAMANGUNG 

I. SILSILAH TALAGA MENURUT BACAAN BABON TALAGA
Betara Gunung Picung / Sang Ciptapermana II hing Sunda Galuh and Alas Talaga (1053 tug to 1073), mempunya anak 6 orang :
  1. Rahiyang Cungkilak di Alas Talaga.
  2. Rahiyang Benda di  Sunda Galuh.
  3. Rahiyang Gombang di Panjalu.
  4. Sang Romahiyang Ratu Ponggang di Gunung Padang alias Gunung Bitung.
  5. Sang Watugunung alias Prabu Dharmasuci alias Sanghiyang Talagamaggung di Alas Talaga.
  6. Sang Romahiyang Mayang Karuna di Curug Dadap Gunung Bitung.

II. ALAS TALAGA INGIN MANDIRI LEPAS DARI KERAJAAN SUNDA
Sang Watugunung / Prabu Dharmasuci I (1073-1136) sebagai Raja ketika beranjak dewasa dengan gelar Sanghiyang Talaga Manggung, hingga mencapai usia 50 tahun belum dikaruniai seorang putra kandung, beliau mengangkat anak :
Anak angkat bernama Abiseka Guru Gantangan (1136-1146) anak Begawan Bagaswara dari Kahiyangan Mahameru, setelah keluar dari kependetaan untuk menjalankan Tapa Wadat Brahma Caria yang dikenal dengan Begawan Garasiyang. Sang Katong Dharmasuci Abirawa / Prabu Talagamangagung di Alas Talaga.

Ketika Sang Abirawa lahir di Mayapada di bulan setelah gempa terjadi, Djaladara Madiya Buana bengkah, dan selanjutnya membangun pertanian besar Cilutung dan Talagasaat di sebelah utara Alas Talaga. Kemudian setelah menjadi lahan pertanian padi ketan dibawa Panglima Tan Bong Siu (tahun 1209) ke Talaga, Tegalan tersebut dirubah menjadi pesawahan sampai sekarang disebut Sawah Tegal. Prabu Dharmasuci moksa ketika Dharmasuci belum dewasa, dan setelah cukup  umur Begawan Garasiang menikah dengan Narpati.


III. BERDIRINYA KAPRABUAN ALAS TALAGA
Sang Katong Prabu Dharmasuci Abirawa (1146-1219) memiliki dua putra :
  1. Purwayana Kancanadewa alias Raden Panglurah, setelah memeluk agama Buddha, ia dikenal sebagai Kang sarwatiwasda Dharmasakiya Dang Purwayana; Sebelum menimba ilmu di Nalanda Sriwijaya, ia menikah dengan Ratu Mayangsari dari Kaputren Baruhjaksi, seorang wanita bernama Cantrika putrinya Begawan Garasiang yang melahirkan seorang putri bernama Mayangkaruna, yang diurus sejak kecil oleh kakeknya Begawan Garasiang. Ketika sedang menuntut ilmu di Nalanda Sriwijaya hanggarbeni tertarik kepada putri Champa nagari yang bernama Ratu Kaniya. Selama di Nalanda, ia berteman dengan seorang Bhiksu yang dijuluki Dharmasakiya Wira Nalanda Bhiksutam Dang Sambhara Bhumi. Sinatria pinandita terah Isyana Syailendra sering diundang ke Talaga dan dikenalkan dengan mendiang ayahnya Prabu Dharmasuci. Raja terkesan dengan kecerdasan para Bhiksu dan akhirnya diangkat menjadi kepala keraton dan diberi gelar Patih yang mengurusi Kawah Candradimuka, tempat Olah Krida Calon Tamtama Karadjaan di Walangsudji.
  2. Simbar Kencana.

III. MENDIRIKAN KERATON WALANGSUDJI DI ALAS TALAGA
Ratu Simbarkancana di Walangsuji Alas Talaga (1295-1305 M), singgasana yang kedua dari (1338-1379 M).
a. Patih Palembang Gunung, seorang biksu Buddha Mahayana alias Dang Sakiyawira Nalanda Bhikshutama Sambhara Bhumi. Setelah melakukan pembunuhan terhadap Prabu Talagamaggung, ia diangkat sebagai Penguasa kota Walangsuji (1267 hingga 1295) dinamai Rakeyan Sambhara Amurwa Bhumi Andana Warih atau Sang Wurah Warih, tidak menurunkan keturunanan. Tercatat dengan saudara misannya Djayakatwang  dalam penyerbuan Prabu Kartanagara (Kala Gemet) di Kerajaan Singosari.
b. Pa Lemban Gunung artinya menebar benih Padi Huma oleh jasa Patih Palembang Gunung Alas Talaga akrab dengan pertanian baru yaitu Padi Ketan, menggantikan pohon Djawawut (Kunyit) peninggalan Sanghiyang Ronkob, Pertanian Padi terutama Huma (ladang), Budidaya Padi Huma (ladang), Tembikar yang disebut Pariuk untuk memasak Pa, Kalapa = KalaiPa (nasi ketan tanpa amburatel), juga dibudidayakan.
Usaha budidaya tanaman Padi dilakukan oleh Patih dalam satu sebuah tempat bernama Dharmalarang yang dipimpin oleh seorang ahli pertanian Cina dari negara Sriwijaya yang diberi gelar Raden Panji. Letaknya di situ Ci Pamintar sekarang persawahan antara desa Sangiyang dan desa Darmalarang. Ketika kekuasaan Talaga dipegang oleh Andana warih, dia melakukannya politik pintu terbuka, yang terutama ditujukan kepada pedagang Pa dari Chunghua (Nagri Atas Angin) yang dipimpin oleh Tan Bong Siu, mantan Panglima Perang Kerajaan Beng. Ia kabur ke Talaga karena kalah perang oleh kerajaan Chin. Sejak saat itu perbatasan di Talaga penuh dengan orang Tionghoa; pengaruh agama Buddhisme Mahayana - Konfusianisme dan Budaya Tiongkok sangat kuat.


IV. TERAH SUNDA GALUH DI KERAJAAN WALANGSUDJI TALAGA
Demi menghilangkan sakit hati setelah wafatnya Ratu Simbarkancana dan Raden Kusumahlaya tidak kembali  ke Istana Walangsuji melainkan pindah di Buni Asih Puri yang terletak dilereng utara desa Cimeong (sekarang desa Wates) menghadap ke barat Parakan Muncang, Gunung Cakrabuana dan Gunung Tampomas di Sumedanglarang.

Yang menjalankan roda pemerintahan di kota Talaga dibantu oleh istrinya Raden Kusumhlaya dan kembali bekerja di Pasanggrahan Agung. 

Di Pasanggrahan Agung, dua pasang pengantin melakukan upacara pernikahannya. Pasangan pertama Ratu Mayang Karuna, putranya Raden Purwayana Kancana Dewa (Begawan Garisiang), menikah dengan Raden Mundingsari Ageng, putranya Prabu Jaya Dewata, cucunya Prabu Niskala Dewa dari negeri Padjadjaran (kemudian mereka dibawa pindah dan tinggal di kaki Gunung Sanggabuana, Lereng Selatan (Lembur Talaga, Kecamatan Tanjungsari, Bogor).  Pasangan kedua adalah Ratu Simbarkancana dan Raden Kusumahlaya. Dalam pertemuan Agung ini Ratu Simbar Kencana mengucapkan sandi prabawa : "Yen isuk Jaganing Geto “Talaga Ngadaun Ngora”.

Ratu Simbarkancana dan Raden Kusumahlayya memiliki delapan orang putra:
  1. Betara Sokawayana (Sunan Parung)
  2. Mangkurat Mangkureja (Sunan Cihaur)
  3. Mangkurat Mangunnagara (Sunan Bungbulang)
  4. Sang Kerok Batok (Sunan Cengal)
  5. Sang Suryakusumah (Sunan Jerokaso)
  6. Raden Kultul Putih (Sunan Santoan Luar)
  7. Dalem Ciburang (Ratu Kamana)
  8. Dalem Tegal Cau (Sunan Corenda Sumedang Larang)

Betara Sokawayana / Sunan Parung (1440 hingga 1490) hanya memiliki satu anak perempuan
  1. Ratu Suniya Larang / Ratu Parung, menikah kepada Raden Ranggamantri, putra Raden Mundingsari Ageung, cucu Raden Pamanharasa (Prabu Siliwangi), buyutnya Menak Kancana Prabu Niskaladewa dari Kerajaan Pajajaran.  Dan Raden Rangga mantri  Narpati di Talaga dengan gelar raja Pajajaran "Prabu Pucuk Umun" (1490 - 1550), pada tahun 1529 Raden Ranggamantri dan Ratu Sunialarang masuk Islam oleh uwaknya Pangeran Cakrabuana / Pangeran Walangsungsang dan Sunan Gunung Jati. Raden Rangga Mantri  sang narpati yang dikenal sebagai Sunan Pucuk Umum (Penguasa Bale Baru).

Ratu Suniya Larang  dari Istana Parung Champaga, ditikah oleh Raden Ranggamantri, putra Raden Pamanahrasa (Prabu Siliwangi), mempunyai anak  :
  1. Raja ke tiga Haurkoneng (Ratu Galuh Panyocok), oleh sebab adanya Galugu Citanduy, kerajaan terendam berubah menjadi Rawa Lakbok, (1550-1560 M). Ketika ia menjadi Narpati di Talaga, kerajaan Talaga menjadi pengikut Kesultanan Demak dan diambil alih oleh Dipati Carbon sesuai isi kesepakatan Keraton Ciburang (1557 M)
  2. Ariya Kikis alias Sunan Wanaperih (1560-1565 M).
  3. Ariya Tjutjuk alias Dalem Lumaju Agung (Bupati Majaagung).
  4. Pangeran Singalodra alias Dalem Santoan Luar Singandaru (Sunan Umbul Luar)
  5. Dalem Pantungung / Santoan Patra Djenar.(Girilawungan)
  6. Dalem Panaekan alias Siriwati.
Berujar ujar Ratu Sabda Radja Kandjeng Sunan Ariya Kikis memberi perintah dalam pertemuan di Pesanggarahan Besar Kerajaan Talaga (1561), bahwa seluruh Dalem agar mandiri dalam rangka berusaha mengolah wilayah masing-masing negara urusan bala keprajuritan Kapindo setiap tahun di bulan Syafar Para Dalem bersama Ketua Pradjurit Utama, harus hadir di pertemuan besar setiap tahun. Kebijaksanaan ini diterapkan langkah demi langkah Perebutan kekuasaan antara Sultan Demak, Pajang dan Mataram yang mempengaruhi ketentraman umat.


SUNDA GALUH RANGKAIAN KEJADIAN DI TALAGA 
1. Narayan Adhikusumah alias Betara Gunung Picung alias Sang Ciptapermana II Terah  Sunda Galuh dan Alas Talaga (Mp. 1003-1073 Masehi).

2. Pada tahun 1076 Masehi, Sang Watugunung alias Prabu Dharmasuci alias Sanghiyang Talagamaggung di Alas Talaga memisahkan diri dari kekuasaan Sunda Galuh, beliau menyebarkan pendidikan Hindu Maisanawa di Alas Talaga yang saya cirikan sebagai pendirian kembali Kahiyangan Argalingga dan benteng Kapanditaan di Lembur Pendetan Sanghiyang Rongkob (Sanha Maya Puruhita) Gedung Puri Nulad Puri Kahiyangan Mahameru.

Pada usia sembilan belas tahun, dia belum diberi hadiah dari Sang Widhi Wasa, meskipun dia telah bekerja untuk Raja Suya di Puri Kahiyangan Ageng dan Puri Argalingga, tetapi isternya tetap belum  mempunyai anak, akhirnya mengadopsi seorang bayi yatu Abiseka Guru Gantangan putranya Begawan Bagaswara saka Kahiyangan Mahameru. Ki Abiseka adalah seorang sinatria pinandita yang telah menguasai ilmu-ilmu  dan  ajaran Hindu Dharma dan telah menyelesaikan studinya di Rig Veda dan Jayur Veda, Upanishad dan Bhagawatgita, sehingga ia adalah seorang sinatria yang terampil dalam akhlak dan budi pekerti, disebut juga Sinatria Pinandita yang luasnya daya nalarnya dan sastranya; raja menempatkan anaknya ke Perguruan Garasiyang yang dikenal sebagai Ajar Garasiyang.

Sanghiyang Talagamaggung dibangun keprabuan Puri Kahiyangan Agung untuk Ibukota negara. Kawasan hutan talaga merupakan kampung yang menghubungkan satu sama lain  jalan yang dilintasi  dibuat menggunakan batuan dari gunung Kahiyangan Argalingga, terus Cibunut terus Pasir Bitung naik ke Kaputren Baruhjaksi dan Citaman,  turun ke Puri Kahiyangan, ke barat, di Paguron Garasiyang, di mana gunung Uncir turun ke Citando,  turun ke Puri Kahiyangan, ke barat ke Paguron Garasiyang di Gunung Uncir, turun ke Citando tempat tandu membawa orang. Turun dari Sindang Palay ke kota Walangsudji dan Banjaran tempat para Prajurit Wadiya Balad berkemah. Di arah utara terdapat hutan tutupan tempat berburu binatang yang disebut Suniya ing daksina, dekat dengan daerah Kancana tempat Wadiya Ponggawa keraton dan Gunungmanik tempat telik sandi Yudha berada.

Dari Gunung Manik turun ke pesisir kuno Djaladara Madiya yang disebut Banjaransari dimana tempat latihan para prajurit Wadiya Balad bertanding.

Turangga yang digunakan adalah kuda kacang, walaupun kecil, linghas trengginas,, 

Alas Talaga hingga Gunung Picung dan Gunung Candana hingga Gunung Padang / Gunung Bitung masih merupakan tanah huma petani Djewawut (Kunyit) jasanya Sanghiyang Rongkob yang telah hilang sama sekali akibat Prahara Ciremai di Padabeunghar. (sekarang disebutnya dusun Pendetan dan Apuy yang artinya terbakar api). 

Para cacah saking Padabeunghar nyaralametkeun diri nya ngababakan di sisi Alas Talaga Beulah kulon kidul sisieun dalan utami hing Kraton Sunda Galuh lan Kabataraan Gunung Picung (nepikeun kaayeuna ngarana tetep Blok Babakan di tengah kota Talaga lebah Kidul-Kulon)

Warga Padabeunghar menyelamatkan diri dengan membuat pemukinan baru di sisi Alas Talaga si sebelah Barat Daya, di sisi jalan utama Keraton Sunda Galuh dan Kabataraan Gunung Picung  (sampai sekarang masih disebut Blok Babakan  di tengah kota Talaga  di sebelah  Barat Daya).


3. Prabu Dharmasuci Abirawa (Mp. 1196-1269) melanjutkan Sanghiyang Talaga Manggung ketika ia berusia tujuh belas tahun setelah Sanghiyang Talaga Manggung meninggal; sebelum tinggal di Puri Agung, ia adalah Abiseka Guru Gantangan narpati (1162. 1196). Prabu Dharmasuci Abirawa, Raja Puri Kahiyangan Agung, dan tilem  (moksa) di Setu Sangiyang.

4. Dalam tahun 1209 masuknya pertanian Pa (Ketan), Kalaipa (Kalapa), Garabah Pariuk di bawa ke Talaga oleh Bhiksu Budha Mahayana disebut juga Dang Sakiyawira Nalanda Bhikshutama Sambhara Bhumi, dan pedagang  China name Tan Bong Siu bekas panglima kerajaan Beng yang kalah perang oleh karajaan Chin. Sang Bihiksu di Talaga dikenal sebagai  Ki Pa-Lemban – Gunung (tukang menyemaikan padi Ketan di Gunung).

5. Dalam tahun 1268 Dharmasuci Abirawa membuat usaha melestarikan budidaya Tanaman Padi Bulu Bagolo di Setu Ci Pa-Mintar terhalang sebelah Timur Puri Kahiyangan Agung yang disebut talatah Dharmalarang dipimpin seorang ahli pertanuan bangsa Cina dari  Sriwijaya yang diberi gelar Raden Pandji  (makamnya di sisi utara dusun atau Desa Darmalarang).

Tanaman Padi Bulu Bagolo merupakan cikal bakal semua tanaman Padi (Padi Ranggeuyan/ Padi Geugeusan) utamanya yang sekarang di tanam dipahumaan (sawah darat) ditatar Sunda;  dan turunanya yang disebut Cere (Pa murag) Seperti Segon, Poslen, Delanggu, Solok dan turunan-turunannya seperti IR-12 – 21 dstnya yang ditanam dalam sawah tanah Basah. 

6. Dalam tahun 1265 Ratu Simbar Kancana, dikawinkan oleh Prabu Dharmasuci dengan Patih Palembang Gunung sinatria terah Isyana yang diberi nama Dang Sakiyawira Nalanda Bhikshu tama Sambhara Bhumi (semasa mudanya disebut Satriya Indrayana sahabatnya Rakey Pikatan Danur Rayana buyutnya SMR Rakeyan Pikatan). 

Kawah candradimuka wadiya balad Wirautama Walangsudji dirobah menjadi Istana Kapatihan, Puri dan Taman tempat tinggal Ratu Simbar Kancana dibuat disebelah  di sisi barat laut keraton, tepatnya di sisi Cipamintar disebat Kaputren Cigumawang. 

Di  Sebelah Barat Daya Kaputren ada sebuah hutan tutupan yang disebut Kebon Wana yang isinya tanaman yang menghasilkan bahan sogan (wana) sepertu Kesumba (warna merah tua) , Ki Beusi (bahan tinta pena warna hitam), Cangkudu (warna coklat), Burahol (warna biru) dan  salam (warna coklat tua) yang digunakan oleh Ratu Simbar Kancana untuk menyelup hasil sentegan (tinun), Jamang (baju laki-laki), Cinde Manik  (samping), Cinde Cagak (celana) dan Ambetan (kain penutup dada - leher).

7. Dalam tahun 1269 M, terjadi pembunuhan Prabu Dharmasuci Abirawa yang dilakukan oleh Ki Centangbarang suruhan Patih Palembang Gunung. Ki Centangbarang seorang abdi dalem kesayangan yang dipercaya untuk mengurus semua pusaka dan rahasia kerajaan termasuk senjata awisan konta yang disebut Cis. Ki Centangbarang seorang anak Santana Jero yang jadi teman bermainnya Prabu Dharmasuci (Ki Abirawa) dari sejak kecil sampai dewasa, yang sama-sama mendapatkan atikan kesinatriaan dari Begawan Garasiyang (Ajar Garasiyang). 

Dan Ki Centangbarang itu, bukan nama aslinya tetapi gelar kepangkatan abdi dalem keraton sama dengan gelar Girang Serat (Bendahara Raja) di keraton Pakuan. Ki Centangbarang diberikan kekuasaan di Citando tempat berkumpulnya para bebahu dan tunggangan  Joli, Tandu, Jampana, Dongdang Agung, sampai kuda tunggang para ahli jurit pengawal Istana.

8. Setelahnya kejadian pembunuhan Prabu Dharmasuci, Palembang Gunung mengangkat dirinya menjadi penguasa keraton Walangsuji (1267 - 1295), namanya diganti menjadi  Rakeyan Sambhara Amurwa Bhumi Andana Warih atau Sang Wurah Warih, dan matinya dibunuh oleh Ratu Simbar Kancana lehernya ditusuk dengan Ampel (tusuk konde) yang biasanya digunakan oleh para  putri karaton yang berupa pisau kecil sebesar jari kelingking dari besi aji panjangnya, dan gagangnya dari Rusa  ditretes manik-manik, yang sewaktu-waktu bisa jadi senjata penutup untuk menjaga kehormatan diri. 

Selama sang Andana Warih bertahta di Keprabuaan Walang Suji di Alas Talaga diterapkan aturan-aturan baru, yaitu  : Agama resmi nagari Walangsuji yaitu Budha Mahayana, rakyat tidak boleh memjual Pa (Padi Ketan / Padi Huma) ke Kota tapi mesti ke Pangagung (membuahkan sistim Pejabat Mantri Lumbung), tiap-tiap rakyat Alas Talaga diwajibakan membayar Pa-Jeg (Pajak) ke nagara berupa hasil pertanuan ditambah sacaeng Pa-rabon (Pajak Panghasilan) dari hasil lahan pertanian Sabahu tanaman Pa, mesti disetorkan sacaeng.  Wihara atawa Klenteng Agung dibangun di blok Karang Anyar sedangkan kuburan Budha / Bong disediakan  di Pasir Cicanir sampai ke Citungtung ditambah dengan pemakaman Banusan Gede di sebelah utara (Jaman Islam disebutnya Astana Gede).

9. Di Tahun 1292. Prabu Kertanagara alias Sang Kalagemet jatuh oleh panyerbuan Djayakatwang dan  dibantu oleh Radja Wurah Warih (Palembang Gunung).

10. Ratu Simbar Kancana dinobatkan menjadi penguasa Kraton Walangsuji - Alas Talaga (1297-1328, lalu dilanjutkan tahta ke 2,  1338-1379).

11. Di tahun 1328 sampai dengan 1338 M Ratu Simbar Kancana, di dadanya tersembur darah Palembang Gunung mengalami peyakit radang payudara (kanker payudarakah?), berorbat ke salah seorang Sinse yaitu Adjar Kutamanggu alias Pa-Linggih (bekas penjaga pedagang Padi Tan Bong Siu) yang maguron di Kutamanggu Karajaan Saunggalah (Kuningan). Selama sakit Ratu Simbar Kencana mengasingkan diri di Gunung Cupu Mandalayu (Desa Cageur - Cipasung - Darma Kuningan) namanya diganti menjadi Nay Lara Amis sebab bau boroknya tercium dari jauh sampai dua tumbak. Tahta Talaga diwakilkan ke Ratu Mayang Karuna, putri  angkatnya Begawan Garasiyang / Ki Abiseka Guru Gantangan, selama sepuluh tahun.

12. Dalam tahun  1338, Ratu Simbar Kancana menikah kedua kalinya ke sang Pandita Adjar Kutamanggu; yang sejatinya bernama Raden Kusumahlaya putranya Prabu Ningratkancana dari Karaton Sunda Galuh Madiya atau Kawasen Surawisesa. Sesudah menikah Ratu Simbar Kancana; dinobatkan menjadi penguasa Keradjaan Talaga (1339- 1406). Sandi Atma “ Talaga Ngadaun Ngora” kagelar dalam pesta rajah suya meniko.

Ratu Mayang Karuna putranya Purwayana Kancana Dewa menikah dengan Raden Munding Sari Ageung putranya Prabu Pamanah Rasa alias Prabu Jaya Dewata, putranya Prabu Ningrat Kencana, putranya Prabu Niskala Wastu Dewa dari kerajaan Pajajaran (1239 M); selanjutnya dibawa pindah ke Pajajaran dan tinggal di sisi gunung Gunung Sanggabuana sebelah selatan yang ditata seperti keadaan puri Baruhjaksi diberi nama dusun Talaga (adanya di desa Cibeureum Kacamatan Tanjungsari Bogor Timur).

13. Betara Sokawayana alias Prabu Parunggangsa, putra pertama Ratu Simbar Kencana dan Kusumahlaya, menjadi Narpati Alas Talaga (Mp. 1406-1456 M).

14. Ratu Talaga Sunyalarang, putranya tunggalnya Betara Sokawayana alias Prabu Parunggangsa  dari isterinya Mayasari putranya Prabu Langlang Bhuana Saunggalah Kuningan menjadi Narpati Talaga (Mp. 1456-1514 M).

15. Raden Ranggamantri putranya Raden Jaka Puspa alias Prabu Munding Sari Ageung meneruskan Ratu Sunyalarang yang ditikahinya  (Mp. 1514-1534 M).

16. Raden Ranggamantri  alias Prabu Pucuk Umun putranya Prabu  Mundingsari Ageng dengan Ratu Talaga Ratu Sunyalarang diislamkan oleh uwaknya yaitu Pangeran Walangsungsang dan Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah) dalam tahun 1469 Masehi (pamekaran dakwah ajaran Islam ke raja-raja  Sunda - Galuh di wilayah kekuasaan Kesultanan Cirebon. Gelar Prabu Pucuk Umun (pemingpin Hindu yang Utama) diganti memjadi  Sunan Pucuk Umum (pemimpin baru umat). Islam yang dibawa oleh Pangeran  Walang Sungsang baru merupakan Islam Syahadah belum masuk kepada Islam Syariat dan  Ibadat.  Tata kehidupan di masyarakat masih menganut ajaran Hindu - Budha tetap hidup tidak dirubah  

17. Ratu Sunya Larang  dari kerajaan Parung Champaga, yang ditikah oleh Raden Ranggamantri, mempunyai anak 6 orang, yaitu :
  1. Prabu Haurkoneng (Ratu Galuh Panyocok) tanggal 3 oleh adanya  Banjir sungai Citanduy kerajaan tenggelam berubah menjadi Rawa Lakbok, (Mp. 1550-1560). Ketika Prabu Haurkoneng menjadi  Narpati di Talaga, kerjajaan Talaga menjadi vatsal Kasultanan Demak namun menjadi bagian dari wilayah Cirebon oleh  Dipati Cirebon berdasarkan perjanjian  Karaton Ciburang (1557 Masehi)
  2. Ariya Kikis alias Sunan Wanaperih (Mp. 1560-1565).
  3. Ariya Tjutjuk alias Dalem Lumaju Agung (Bupati Majaagung).
  4. Pangeran Singalodra alias Dalem Santoan Luar Singandaru (Sunan Umbul Luar).
  5. Dalem Panungtung alias Santoan Patra Djenar (Girilawungan).
  6. Dalem Panaekan alias Siriwati

18. Ariya Kikis alias Sunan Wanaperih (Mp 1560-1565), mempunyai 6 orang anak, yaitu :
  1. Dalem Kulanata (Maja).
  2. Dalem Cageur (Darma Kuningan).
  3. Pangeran Apun Surawijaya (Sunan Lemah Abang).
  4. Ratu Aradeya ditikah oleh Ariya Saringsingan (Lurah Prajurit pilih tanding cucunya Mantri Citrasingha meninggal di Banjaran Girang). 
  5. Ratu Putri Cipager ditikah oleh Sayid Ibrahim bin Syekh Muhyi Pamijahan Tasikmalaya.
  6. Dalem Wangsa Goparana Padaherang Cianjur, yang kemudian hijrah ke Sagala Herang kabupaten Subang, menurunkan para Bupati Cianjur dan Wanayasa.



KONDISI BANGUNAN DI MAKAM SUNAN PARUNG 








 PARA PENZIARAH MENUNGGU GILIRAN BERTAWASSUL 
DI MAKAM SUNAN PARUNG




  





LOKASI MAKAM BETARA SOKAWAYANA (SUNAN PARUNG) SEBELUM DIALIHKAN JASADNYA YANG BERLOKASI DI DESA CAMPAGA KECAMATAN TALAGA KABUPATEN MAJALENGKA 



 Lokasi Makam Sunan Parung, Isterinya Juga Putrinya
Sebelum dialihkan Ke Situ Sangiang Yang Berada di Desa Campaga Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka

 Lokasi Makam Sunan Parung, Isterinya juga Putrinya,
Sebelum dialihkan Ke Situ SangiangYang berada di Desa Campaga Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka


Salam Santun 

Baca Juga :

Tidak ada komentar