Lontar Ki Sakawayana


Buk Sakawayana, atau disebut juga "Buku Larang", itu hanya sebagian saja dari pada isi sebuah naskah, yang kini tersimpan ditempat kediaman penulis, di Dusun/Desa Serang, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang. Bagian yang lainya dari naskah tersebut, merupakan semacam "Primbon" (basa Sundanya Paririmbon), isinya terdiri dari bermacam-macam hal yang (untuk sementara penulis menduga), ada hubunganya dengan "ilmu kebatinan". Naskah yang tebalnya hanya 12 lembar itu, berukuran 22,5 x 16,5cm, bahan kertas sejenis "daluang", sedangkan teksnya tertulis (bolak-balik) dengan menggunakan huruf "pegon" (arab-jawa) dan bahasa "jawa-sunda".


Kecuali naskah tersebut diatas, ditempat kediaman tersimpan pula sejumlah naskah yang lainya, sebuah diantaranya yaitu "Pusaka Ki Sakawayana" berasal dari bahan "pelapah lontar" berukuran 33 x 7cm dan tebal 4 cm, menggunakan huruf dan bahasa "Sunda Buhun", ditulis oleh Dalem Nayapatra Muhara (tanpa tahun), beliau diperkirakan hidup pada masa sebelum kerajaan Pajajaran runtuh (1579 M).


Pada dasarnya Buk Sakawayana itu meriwayatkan gelar (lahir)nya "Buwana Panca Tengah" (alam dunia) dan "Batara Sakawayana". Diwarnai oleh kepercayaan yang diselimuti suasana islamisasi, khususnya di "Tatar Sunda" (Jawa Barat). Di dalam naskah itu, selain dapat kita telaah deretan silsilah yang disebut "Silsilah Sakawayana" juga, sedikitnya kita dapat ketahui tentang adanya hubungan kekeluargaan antara Pajajaran dengan Sumedang, khususnya dengan Dusun/Desa serang. Demikian makna yang sesungguhnya dari istilah dari buk lontar "Sakawayana".


Dalam bagian yang pertama (riwayat gelarnya alam dunia dan gelarnya Sakawayana), diceritakan bahwa jauh sebelumnya adanya alam dunia seperti yang kita kenal sekarang ini,yang ada adalah "Roh Biru" yaitu alam tempat berkumpulnya roh-roh. Di alam roh mula-mula Allah menciptakan "cahaya" kemudian disusul dengan penciptaan "Srangenge" (Matahari), "Wulan" (Bulan), dan "Bentang-bentang" (Bintang-bintang). Dua belas tahun setelah peristiwa itu, dengan kehendaknya Allah lalu menciptakan "Taneuh"(Bumi) dan langit yang tebalnya masing-masing "Pitung Lapis" (Tujuh Lapis). 


Dijelaskan pula, bahwa bumi yang diciptakan selama lima hari lima malam itu,diletakan secara bergantung tanpa "Cantelan"(penyangga), namun meskipun demikian Selang bumi tetap ditempatnya dan tidak "Murag" (jatuh), karena adanya kekuasaan Allah. enam tahun, kemudian Allah menciptakan dua orang manusia, berasal dari tanah,  kedua orang itu diberi nama "Sakawayana" (laki-laki) dan "Paranjitan" (perempuan).  (Kalau melihat kisah ini seperti kisah penciptaan Nabi Adam Alahis Salam dan Siti Hawa, yang terdapat dalam al Quran Nur Karim).

Tidak lama setelah kejadian itu, Allah berkenan menata keadaan Bumi, seperti menciptakan Pulau-pulau, Gunung-gunung, Sungai-sungai, "Sagara Gede "(lautan), Sagara Leutik" (danau), Tumbuh-tumbuhan dan berbagai jenis Hewan, dalam kurun waktu sembilan puluh tahun. 

Seusai menata keadaan bumi, lalu Allah mengutus Ki Sakawayana dan Ni Paranjitan untuk turun ke "Nagara Ajangeun Manusa" (bumi), mereka diberi tugas untuk menjaga dan mengurus keadaan Bumi, serta memperbanyak keturunan. 

Berjuta tahun kemudian maka munculah seorang tokoh yang bernama "Prabu Haris Maung" atau "Prabu Nusiya Mulya", beliau yang berkuasa di "Nagara Pajajaran" dan dikenal dengan sebutan Sakawayana" karena merupakan keturunan Ki Sakawayana. 

Makam Raden Aji Mantri

Pada bagian yang kedua, yang bertalian dengan "Silsilah Sakawayana", diriwayatkan Prabu Haris Maung menikah dengan nyai mas Ratna Gumilang, berputra seorang laki-laki yang diberi nama "Raden Aji Mantri" atau "Raden Keling Sakawayana". Raden Aji Mantri menikah dengan nyai mas Angkong Larangan, berputra enam orang yaitu :

1. Santowan Kadang Serang, menikah dengan Apun Ayu Ajeng Jawista, berputra tiga orang laki-laki yaitu Tanduran Sawita atau Kyai Perlaya, Kyai Singamanggala atau Embah Gede, Kyai Tanu Jiwa atau Ki Mas Tanu (yang berputra Raden Mertakara).


2. Santowan Sawana Buana ,menikah Apun Ayu Ajeng Wanisah, berputra Tanduran Mataram, berputra Kiriyamanggala Sakawayana, berputra Darmamanggala, berputra Antamanggala, berputra Wangsamanggala Sakawayana yang melahirkan keturunan di Serang (Dusun/Desa Serang  Cimalaka-Sumedang).


3. Santowan Pergong Jaya, menikah dengan Apun Ayu Ajeng Larasati,melahirkan keturunan di Tasik Malaya dan Ciamis.


4. Santowan Jagabaya, menikah dengan Apun Ayu Ajeng Alisah, berputra empat orang yaitu : Embah Bagi (di Panjalu), Raden Singa Nurun atau Singa Kerta (di Nangtung Sumedang), Raden Naya Manggala atau Naya Penggala dan Apun Pananjung yang mneikah dengan Susuhunan Amangkurat berputra raden Doberes. Adapun Naya Penggala menikah dengan nyai Tanduran Saka berputra dua orang yaitu : Inayapatra dan nyai Mas Unggeng.Inayapatra menikah dengan Embah Putri, berputra Raden Arjawayang, berputra Kyai Aris Surakarta, berputra Kyai Lukman Candra Wisuta, berputra Raden Kanduruan Cakrayuda, berputra Raden Bahinan yang melahirkan keturunan di Bogor. Sedangkan nyai Mas Unggeng berputra Naya yang menjadi "Jagasatru" di Sumedang.

5. Nyai Ayu Ratna Ayu (di Sumedang).


6. Nyai Jili atau Jilitahuyu (di Sumedang).


Manuscript Pelepah Lontar

1.  Judul : Pusaka Ki Sakawayama
2.  Ukuran : Panjang 33 cm, lebar 7 cm, tebal 4 cm
3.  Bahan : Pelepah lontar
4.  Warna : Coklat tua
5.  Jumlah halaman : 1 (satu)
6.  Baris : 6 (enam)
7.  Hurup : Aksara Sunda / Jawa Kuna
8.  Bahasa : Jawa Pesisir
9.  Jenis isi : Prosa
10. Pemilik : Ucang Sumardi
11. Alamat pemilik : Dusun/Desa Serang, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang.


TRANSLITERASI

punika p(u) saka ki sakawayana / kabene woten nama // sunan putih tanpa nyawa // O // susunan jati langgeng // susunan jati wisesa / O // susunan panyinget // O // batara susuk tunggal // O // batara sangkan waya // O // batara sangkan tapa // pejeban harib baya // sa (n) tohan reban // halat ngabehi nayapatra cikupa // da/len/(m) ngabehi nayapat (r) a muhara

TERJEMAHAN

inilah pusaka / peninggalan Ki Sakawayana, biar ada nama, Sunan Putih tanpa nyawa, Susunan Jati Langgeng, Susunan Jati Wisesa, Susunan Panyinget, Batara Susuk Tunggal, Batara Sangkan Waya, Batara Sangkan Tapa, di luaran (?) Harib Baya, Santoan Reban mendiang Ngabehi Nayapatra Cikupa, Dalem Ngabehi Nayapatra Muhara.


Isi Keseluruhan Lontar :

Buk Sakawayana 
punika p(u) saka ki sakawayana / kabene woten nama // sunan putih tanpa nyawa // O // susunan jati langgeng // susunan jati wisesa / O // susunan panyinget // o // batara susuk tunggal // O // batara sangkan waya // O // batara sangkan tapa /// pejeban harib baya // sa (n) tohan reban /// /// halat ngabehi nayapatra cikupa // da/len/(m) ngabehi nayapat (r) a muhara 

(1) punika sajarah sakawayana, carita sunda den martabat, utawi iku sundeweke. Sadurung ngersakaken sawiji-wiji masi luwang-liwung, nu lihana, namahing kang ingaranan sanghiyang tubu lan kangingaranan sanghiyang hopore. nuli birohe - 5. hing gusti ing deweke, ngandika ing dalem deweke, roh biru pepek sawijiwiji ing dalem gusti. nuli hanyipta cahaya saking tengen dadi sarangenge, lan hanyipta cahaya saking tengen dadi wulan. sarangenge eroh hing sijwetan, roh nama, hing kalih rong welas tahun, nuli hanyiptalemah saking sar - 10. ta titihan gumantung tanpa cantelan, karana witing eroh. sasakala lan ana sang batara tanpa rupa. nuli pendika gusti ing deweke, lan ana nama sang batara jati langgeng lan 

(2) batara tanpa nyawa. nuli hanyipta rupa kang nyata asal peteng perkara, kang ingaranan batara panyinget lan batara sakawayana, eroh ana lemah saga dua. parlih nem tahun, nuli nanyipta bumi langit, sarta bumi sang mawa kangingaranan naga 5. ra nusa. tapak sarta kutane pitung lapis, lalakone limang wengi. kandele luhure lalakone limang, dina hing malikane roh papat kalima pancer. lanang titiga, wadon satunggil. nuli ngandika titiyang papat dening batara, dinagalanan kang sepuh, lunga hing mesah, lamang 10. kang panengah langkahing bumi panibal hing ngulon. lanang kang anom langkahing basisir, kang wadon lungi hing karang dukuh. sawure roh batara nyandak nama ki pariya tangga, sarta henggo 

(3) udeng ireng, sinjang ireng, nuli lunga hanggawa cis, dating bumi panibal, sarta den cepengan cis dadi sagara anakan. nuli hanyipta gunung taraju, karana hamimbang alam dunya. Nuli hanyipta sagara gede, sarta den keproken pa- 5. nangane dadi sagara kaya sawah ngotak-ngotak. wus pepek nusa tiga puluh tiga, nuli gisikaken panangane, wus dadi sagara kaya mangkin, tatapi durung ana eusine, karana eusina mung saleman alloh taala. hagawe sagara anakan ijrah sawelas gerehuli tahun. nuli hanyipta gunung 10. munaroh hingaranan titihan panggungan kancana. nuli hanyipta basisir kalapa genep, ditengah dingaranan leutak si balagadama. nuli disaur titiyang papat dening 

(4) batara, datang munaroh, sarta tanpa warisan, karena batara ajeng merad. warisan lanang kangsepuh; cis hiji, surban hiji, bende titiga, kerang hiji, cingcin hiji, bedug hiji, kuda pun boweh hiji, kuda bulu landak hiji 5. munding bulu hiris hiji, sarubang sarangka awak hiji, salumpir sarangka bitis hiji, jamang kere hiji, teregos hiji, cilo-cilo hiji, umbul-umbul kadut, badawang batok hiji. saparantayan warisan kang wadon; jangjang hiji, cupu hejo tujuh lapis hiji, sinjang batik hiji, 10. kacip hiji. warisan lanang panengah; pedang sakawayana hiji, kalapa sahulu, lantenan sabatekan. warisan lanang kang anom; pedang damar murug hiji, kuda ireng hiji. nuli merad 

(5) batara lawas-lawas teka malih ing awing-awang, sarta metu ning cikaringet,sarta den gisikdadi sagara kidul. Karana kidul eroh tengen. Metu cikaringet citangis, den gisik dadi orang dadi sagara kaler. karana kaler roh kiwa. sarta ana 5. wates lor kidul. sawuse roh hanyiptagunung patang puluh hing nusa jawa, nuli batara hingaranan ratu kancana. lakune ngajajah nusa tigang puluh tiga lawase salapan ratus tahun. nuli ratu kancana dicipta dening batara, dadi sipat langgeng gagang pangot, dipernahkeun di gunung licin. sawuse eroh 10. batara sakawayana hagenti sareat maring perbu harismaung, lan perbu harismaung dipernahkeun di gunung halimun. hanyangga pajajaran, perbu taji dipindahkeun hing 

(6) sumedang dadi papatok pajajaran. batara arep rumbak pajajaran, nuli perbu milihaling sakawayana, sarta henggawa cacah saking papajaran pitung somah. perbu harismaung henggawa ratnagumilang, hapuputra aji mantri, aji mantri apuputra 5. lanang papat istri dua; hiji satowangan kadang serang, garwane apun ayu ajeng sawista. kapindo santowan sowana buwana, garwane apun ayu ajeng wanisah. kaping telu santowan pergong jaya, kang carita hing taraju, kaping pat santowangan jaga baya, istrine apun ayu ajeng alisah, hapuputra istri hiji, apun 10. pananjung, apun pananjung digawa dening susuhunan mangkurat, hapuputra raden doberes. santowangan kadang serang hapuputra tanduran sawita, hapuputra

(7) dua, embah gede lan embah tumu. santowangan sawana buwana hapuputra tanduran mataram, tanduran mataram hapuputra kiriya manggala, hing sakawayana sumedang. darma manggala hing talaga, kampung windu sakti. kiriya hing sumedang, 5. anta manggala hing sakti barang. santowangan jaga baya hapuputra kiyai perlaya, istrine tanduran saka. tanduran saka hapuputra naya manggala, istrine embah putrid, hapuputra embah arjawayang, hapuputra embah kidul, hapuputra pangarasan, hapuputra cakrayuda, kang dibuang hing sumedang. malih 10. santowangan putra perbu ka ngaranan dewi wanita, hapuputra embah gede lan kapindo embah singanurun. Punika terusna sakawayana. Sang darma rehe, sang batara

(8) tanpa rupa, sang batara tanpa nyawa, sang batara jati langgeng, sang batara panyinget, sang batara sakawayana, sang perbu harismaung, hapuputra aji mantri, hapuputra genep; santowangan kadang serang, santowangan sawanan 5. buwana, santowangan pergong jaya, santowangan jagabaya, nyai ayu, nyai jili. Santowangan jaga baya hapuputra ngabehi inaya manggala, ngabehi inaya manggala hapuputra ngabehi inaya patra, ngabehi inaya patra hapuputra inaya suta, ngabehi inaya suta 10. hapuputra ngabehi patra manggala, ngabehi patra manggala hapuputra inaya patra, ngabehi inaya patra hapuputra ngabehi arsayuda, ngabehi arsayuda hapuputra

(9) naya manggala, ngabehi naya manggala hapuputra nyi mas dipantarkeba, nyi mas dipantarkeba hapuputra inaya, ngabehi ianya patra hapuputra ngabehi nayapatra, ngabehi inaya patra kagungan saderek istri 5. hiji, nyi mas unggeng, nyi mas unggeng hapuputra ngabehi inaya patra, ngabehi inaya patra hapuputra ngabehi iyana patra, kang dadi jagasastru hing nagara sumedang. Tamat. Tatkala Tinulis hing dina kemis hing tanggal kaping 14 hing bulan rayagung hing 10. tahun je, wahiyah nabi salam 1262. awodening kang nulis hingkang putra, bapa jibah, serang wakil rama hemang kasjan, sami di serang sumedang

TERJEMAHAN 
(1) inilah sejarah sakawayana, certa sunda yang memiliki martabat, khususnya bagi orang sunda. (sebenarnya) belum ada yang mengetahui secara rinci, ketika (alam dunia) belum ada, juga hal lainnya, seperti ada nama Sanghiyang Tubu dan nama Sanghiyang hopore. Kemudian dengan kekuasaan Gusti (yang diberikan) kepadaku, dalam hati aku bicara, (demikian ceritanya), (sebenarnya) Roh Bitu itu komplit, menyatu dengan Gusti. Kemudian (Tuhan/Gusti) mencipta cahaya di sebelah kanan menjadi matahari, dan mencipta cahaya di sebelah kiri menjadi bulan. Matahari adalah Roh yang terletak di timur. Roh tersebut, setelah dua belas tahun dicipta, lalu (Tuhan) mencipta tanah yang diletakkan secara bergantung tanpa penyangga, karena tanah memiliki roh. Asal-usul tentang nama Sang Batara Tanpa Rupa. Lalu (dengan kekuasaanNya) aku bicara lagi dalam hati (demikian ceritaNya), dan ada nama Sang Batara Langgeng serta 

(2) Batara Tanpa Nyawa. Kemudian (Tuhan) mencipta rupa yang asli dari semula tidak ada, diberi nama Batara Panyinget dan Batara Sakawayana, Roh (dua makhluk) yang berasal dari tanah. Setelah enam tahun, kemudian (Tuhan) mencipta Bumi dan Langit, serta bumi yang diperuntukkan bagi Negara Manusia. Kelihatan tebalnya tujuh lapis, yang apabila ditempuh (dibuat) memakan waktu lima malam. Lama waktu tersebut, yakni lima hari/malam, (sama lamanya) ketika mencipta Roh Papat Kalima pancer. Tersebutlah tiga orang laki-laki dan seorang perempuan. Lalu keempatnya berkata kepada Batara, kemudian yang tertua pergi ke Mesah (Mekkah), laki-laki yang kedua pergi menjelajah bumi ke arah barat. Laki-laki termuda pergi menjelajah pesisir, sedangkan yang perempuan pergi ke Karang Dukuh. Setelah roh Batara menamakan dirinya Ki Pariyatangga, serta memakai 

(3) Udeng ireng, sinjang ireng, lalu pergi membawa cis, (ia) tiba di Bumi Panimbal, lalu memegang cis menjadi Sagara Anakan. Kemudian mencipta Gunung Taraju, karena pertimbangan sudah ada alam Dunia. Kemudian mencipta Sagara Gede, serta menepuk-nepukkan tangannya menjadikan sagara seperti sawah berpetak-petak. Setelah lengkap tiga puluh tiga nusa, kemudian menggisikkan tangannya, menjadi segara terkaya, tetapi tak ada isi, karena isinya hanyalah Allah yang menakdirkan. Pembuatan Segara Anakan itu lamanya sebelas tahun. Kemudian mencipta Gunung Munaroh yang dinamakan Titihan Panggungan Kancana, kemudian mencipta (lagi) Basisir Kalapa Genep, yang di tengahya dinamai Leutak Si Balagadama. Kemudian yang keempat orang tadi dipanggil 

(4) Batara, datang di Munaroh, serta menerima warisan, karena Batara akan kembali ke Angkasa. Warisan laki-laki tertua; Cis satu, Surban satu, Bende tiga, Kerang satu, Cincin satu, Bedug satu, Kuda dan Boweh satu, Kuda berbulu landak satu, Munding berbulu hiris satu, Sarubang Sarangka Awak satu, Salumpir Sarangka Bitis satu, Jamang Kere satu, Teregos satu, Cilo-cilo satu, Umbul-umbul kadut dan Badawang Batok satu. Seperangkat warisan perempuan; Jangjang satu, Cupu Hejo Tujuh Lapis satu, Sinjang Batik satu, Kacip satu. Warisan lalaki kadua; Pedang Sakawayana satu, Kelapa satu, Lantenan Sabatekan satu. Warisan laki- laki termuda; Pedang Damar Murug satu, Kuda Hitam satu. Kemudian terlihatlah 

(5) Batara samar-samar terbang ke Angkasa, serta keringatnya jatuh, kemudian digisiknya menjadi Sagara Kidul. Karena selatan adalah Roh Kanan. (Lalu) Keluar keringat dan airmatanya, kemudian digisik menjadi orang, jadi Sagara Kaler. Karena utara adalah Roh Kiri. Serta berbatasan dengan Lor Selatan. Setelah Roh (Batara) mencipta Gunung Patang Puluh di Nusa Jawa, kemudian oleh Batara diberi nama Ratu Kancana. Melakukan perjalanan ke tiga puluh tiga nusa lamanya sembilan ratus tahun. Kemudian Ratu Kancana dicipta oleh Batara, menjadi sifat langgeng gagang pangot, ditempatkeun di Gunung Licin. Setelah roh Batara Sakawayana menyatu dengan sareatnya Prabu Harismaung, lalu Prabu Harismaung ditempatkan di Gunung Halimun. Sebagai penyangga Pajajaran, Prabu Taji (lalu) ditempatkan di 

(6) Sumedang menjadi Papatok Pajajaran. Ketika Batara mau merombak Pajajaran, lalu Prabu memilih Sakawayana, serta membawa rakyat Pajajaran sebanyak tujuh umpi (kepala keluarga). Prabu Harismaung membawa (menikah) dengan Ratnagumilang, berputra Aji Mantri. Aji Mantri berputra empat laki-laki dan 2 perempuan. Pertama, Santowan Kadang Serang beristrikan Apun Ayu Ajeng Jawista. Kedua, Santowan Sawana Buwana beristrikan Apun Ayu Ajeng Wanisah. Ketiga, Santowan Pergong Jaya yang selanjutnya tinggal di Taraju. Keempat, Santowan Jagabaya, istrinya Apun Ayu Ajeng Alisah, berputra satu, Apun Pananjun, yang kemudian dinikahi oleh Susuhunan Mangkurat dan berputra Raden Doberes. Santowan Kadang Serang berputra Tanduran Sawita, berputra 

(7) dua, Embah Gede dan Embah Tumu. Santowan Sawana Buwana berputra Tanduran Mataram, Tanduran Mataram berputra Kiriya Manggala, tingggal di Sakawayana Sumedang. Darma Manggala di Talaga di Kampung Windu Sakti. Kiriya di Sumedang, Anta manggala di Sakti Barang (Sukabarang?). Santowan Jagabaya berputra Kiyai Perlaya, istrinya Tanduran Saka. Tanduran Saka berputra Naya Manggala, istrinya Embah Putri, berputra Embah Arjawayang, berputra Embah Kidul, berputra Pangarasan, berputra Cakrayuda, ia dibuang dari Sumedang. Malah santowan putra Prabu kawin dengan Dewi Wanita, berputra Embah Gede dan Embah Singanurun. Ini terusnya Sakawayana. Sang Darma Rehe, Sang Batara 

(8) Tanapa Rupa, Sang Batara Tanpa Nyawa, Sang Batara Jati Langgeng, Sang Batara Panyinget, Sang Batara Sakawayana, Sang Prabu Harismaung, berputra Aji Mantri, berputra enam; Santoawan Kadang Serang, Santowan Sawana Buwana, Santowan Jagabaya, Nyai Ayu, Nyai Jili. Santowan Jagabaya berputra Ngabehi Inaya Manggala, Ngabehi Inaya Manggala berputra Ngabehi Inaya Patra, Ngabehi Inaya Patra berputra Inaya Suta, Ngabehi Inaya Suta berputra Ngabehi Patra Manggala, Ngabehi Patra Manggala berputra Inaya Patra, Ngabehi Inaya Patra berputra Ngabehi Arsayuda, Ngabehi Arsayuda berputra 

(9) Naya Manggala, Ngabehi Naya Manggala berputra Nyai mas Dipantarkeba, Nyai Mas Dipantarkeba berputra Inaya, Ngabehi Inaya Patra berputra Ngabehi Nayapatra, Ngabehi Inaya Patra mempunya saudara perempuan satu, Nyai Mas Unggeng. Nyai Mas Unggeng berputra Ngabehi Inaya Patra, Ngabehi Inaya Patra berputra Iyana Patra, ia jadi Jagasatru di Nagara Sumedang.

Tamat. 

Ketika ditulis pada hari Kamis tanggal 14 Rayagung tahun Je, Hijriyah Nabi S.A.W. 1262. 
(Kamis, 3 Des 1846 M)

Yang menulis anaknya, Bapak Jibah, di Serang, mewakili ayahanda Hemang Kasjan, alamat sama di Serang, Sumedang.

Baca Juga :

Tidak ada komentar